PASCAL 2016

Di setiap kepengurusan HMF, salah satu kegiatan tahunan yang selalu diadakan di awal kepengurusan yaitu Dialog Akademik, Dialog Akademik sendiri merupakan salah satu wadah yang disediakan oleh HMF bagi Warga Fisika untuk dapat berdiskusi dangan birokrasi Jurusan Fisika terkait sistem pendidikan dan fasilitas penunjang pendidikan di Jurusan Fisika itu sendiri.

Untuk tahun ini, Dialog Akademik dimasukkan ke dalam serangkaian acara yaitu PASCAL (Physic and Electronic Instrumentation Collaborate for Academic and General Lecture). PASCAL sendiri merupakan salah satu program kerja bersama antara HMF dan HMIE (Himpunan Mahasiswa D-3 Insel). Kegiatan ini diadakan pada 16 dan 17 Maret 2016, dimana pada tanggal 16 Maret diadakan Dialog Akademik dan dilanjutkan dengan Kuliah Umum pada 17 Maret.

Dengan tema “Membangkitkan Perspektif Mahasiswa Fisika-Insel Demi Tegaknya Integritas Akademik” Dialog Akademik diadakan dalam bentuk forum sharing antara mahasaiswa dengan perwaakilan Birokrasi Jurusan Fisika. Topik yang diskusikan yaitu layanan dan faislitas yang disediakan oleh Jurusan serta penjelasan singkat mengenai keberadaan UNDIP sebagai PTN-BH.

Pada hari selanjutnya, PASCAL dilanjutkan dengan Kuliah Umum dengan tema “Sinergisitas Perkembangan Teknologi di Bidang Fisika dalam Instrumentasi dan Elektronika”. Kuliah Umum ini diberikan oleh Bapak Indra Aryawirawan dari PT. Merck Chemical and Life Sciences dengan topik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di bidang industri dan dilanjutkan oleh DR. Agfianto Eko Putra, M.Si. Beliau adalah salah satu dosen FMIPA UGM yang kompeten di bidang Instrumentasi dan Elektronika. Beliau memberikan kuliah tentang Instrumentasi dan Elektronika dan prospek kerja bagi lulusan Fisika dengan peminatan Instrumentasi dan Elektronika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *