Fisika Peduli

Fisika Peduli, merupakan salah satu progam kerja dari bidang Dimas HMF UNDIP, yang dilaksanakan pada hari Jumat sampai Minggu tanggal 13-15 Mei 2016 bertempat di Dusun Randusari, Desa Plumutan, Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang. Dalam kegiatan ini diikuti oleh volunteer yang berjumlah 41 orang yang terdiri dari mahasiswa Fisika angkatan 2012,2013,2014 dan 2015. Acara Fisika Peduli yang berlangsung selama 3 hari ini dilaksanakan dengan konsep live-in dengan para volunteer yang dibagi menjadi 11 kelompok yang akan menempati 11 rumah warga Dusun Randusari. Setiap rumah ditempati oleh 5-7 orang volunteer.
Rangkaian acara tersebut di awali dengan keberangkatan para panitia dan volunteer dari kampus menggunakan motor dan bus menuju ke Dusun Randusari pada pukul 16.00 WIB kemudian dilanjutkan dengan konsep live-in. Dalam acara ini konsep live-in yang dimaksud adalah seluruh peserta mengikuti semua kegiatan yang dilakukan oleh warga dusun tersebut, seperti pergi ke ladang atau kebun, mengurus ternak, serta berinteraksi dengan seluruh anggota keluarga.
Kegiatan berlanjut pada hari berikutnya, pada hari ke dua ini ada berita duka, salah satu warga desa Dusun Randusari ada yang meninggal dunia, sehingga pada pukul 08.00 WIB para panitia dan volunteer melayat ke rumah satu warga disana yang meninggal dunia, setelah acara melayat selesai dilanjutkan dengan acara nonton bareng seluruh volunteer dan anak-anak pada pukul 15.30 sampai pukul 17.00. Film yang ditonton bersama bertemakan pendidikan dan cinta Indonesia, hal ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap cinta tanah air kepada para warga khususnya anak-anak. Setelah pemutaran film selesai, pada pukul 18.30 diadakan tahlilan yang di hadiri oleh para volunteer.
Pada hari terakhir pukul 07.30 WIB, diadakan permainan yang dilombakan bersama seluruh peserta, anak-anak, serta warga Dusun Randusari sampai pukul 09.30 WIB. Permainan yang dilombakan adalah sarung terbang, sendok kelereng, joget balon dan sarung air. Mereka bermain dengan sangat gembira dan semangat, saat lomba selesai, diumumkan para pemenang dari perlombaan tersebut dan dibagikan bingkisan kepada mereka dari panitia. Kemudian pada pukul 10.00 WIB diadakan penyuluhan bio gas di rumah kepala dusun bagi seluruh warga dusun Randusari yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan pada warga berkaitan dengan limbah hewan ternak, sehingga warga sedikit banyak tahu bahwa limbah hewan ternak dapat dimanfaatkan. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan bersih-bersih desa dan masjid oleh seluruh peserta sampai pukul 12.00 WIB. Kegiatan ini ditutup dengan ucapan terimakasih kepada kepala dusun dari para panitia dan volunteer.
Demikian sekilas cerita dari fisika peduli, semoga kegiatan ini tetap berlanjut hingga ke tahun tahun berikutnya, karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, kita bisa merasakan bagaimana menjadi warga yang sederhana, jauh dari kehidupan kita sehari-hari, serta mengamalkan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *